Ideas

Membludaknya urbanisasi di Jakarta jadi perhatian UI

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Membludaknya urbanisasi di Jakarta jadi perhatian UI

Tingkat urbanisasi yang tinggi di Kota DKI Jakarta menjadi masalah utama yang akan diangkat dalam acara Civil Engineering National Summit Universitas Indonesia (CENS UI) pada 14 November 2019. Masalah urbanisasi yang terjadi di Jakarta bukan hanya urbanisasi menetap, tetapi urbanisasi mobilitas juga terjadi. Hal ini menyebabkan meningkatnya populasi di DKI Jakarta pada siang hari hingga mencapai 4 juta jiwa sehingga bertambahnya permintaan untuk tempat tinggal, lapangan kerja dan transportasi.

Pembangunan dengan intensitas bangunan yang tinggi dengan penggunaan Land mixed use dan sustainable transportation system sangat diperlukan dalam menghadapi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, CENS UI diadakan sebagai wadah ide dan gagasan mahasiswa dan profesional dalam memecahkan masalah perkotaan di Indonesia.

Civil Engineering National Summit Universitas Indonesia (CENS UI) merupakan serangkaian acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Sipil Universitas Indonesia. Pada tahun ini, untuk ke-16 kalinya CENS UI kembali diadakan dengan mengangkat tema Compact City: Urban Infrastructure for Resilient and Sustainable City. 

Rangkaian acara CENS UI terdiri dari: Lomba antar mahasiswa berjudul Call For Innovation dan National Tender Competition, Workshop, Company Visit, serta National Summit sebagai acara puncak. Tahun ini, rangkaian acara CENS UI dibuka dengan presentasi akhir dari peserta terpilih yang diselenggarakan pada hari Senin, 12 November 2018.

Peserta yang terpilih akan memaparkan ide dan inovasi mereka dalam bentuk karya tulis. Harapannya, hasil dari pemikiran dan penelitian yang sudah mereka lakukan dapat dijadikan referensi untuk membangun kota-kota di Indonesia.

Rangkaian acara pada hari selanjutnya, Selasa, 13 November 2018, CENS UI untuk kedua kalinya bekerja sama dengan Project Management Institute Indonesia Chapter mengadakan Project Management Workshop. Workshop ini dirancang bagi mereka yang bekerja secara profesional pada proyek di bidang keahlian teknik dan konstruksi. Hal yang akan dipahami mulai dari pengetahuan dasar, proses, dan terminologi manajemen proyek. Di hari yang sama, delegasi mahasiswa dari seluruh Indonesia yang diundang oleh CENS UI akan mengunjungi PT. Jakarta Propertindo dalam kegiatan bertajuk Company Visit.

Terakhir, pada acara puncak bertajuk National Summit akan diadakan pada tanggal 14  November 2018, acara ini akan mempertemukan berbagai tokoh penting yang dapat menjadi kunci pembangunan infrastruktur di DKI Jakarta. Kegiatan akan dibuka oleh Bapak Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai keynote speaker dan akan diteruskan oleh berbagai pembicara yang relevan termasuk dengan pembicara internasional, Mr. Karthik Karkal yang menjabat sebagai salah satu vice president pada perusahaan CPG Consultant di Singapura.

Selain mengundang pembicara-pembicara ternama, The 16th CENS UI juga akan menghadirkan delegasi dari berbagai lembaga dan organisasi yang terlibat dalam ruang lingkup pembangunan seperti Urban and Regional Development Institute (URDI), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan lain sebagainya.

Golkar: kami yang pertama dukung Jokowi
Fahri Hamzah ungkap kepentingan Amerika dalam konflik Israel-Palestina
Warga potong salib makam dan larang keluarga yang wafat berdoa di TPU
IHSG bakal menguat jelang keputusan The Fed
PDIP nantikan klarifikasi Wiranto soal pengrusakan bendera Demokrat
Kurang potennya Ma'ruf Amin dan ramalan Jokowi bakal kalah karena sang wakil
Wartawan tewas naik 14 persen di sepanjang 2018
Negara tak akan punah karena Prabowo kalah
KPU: Kotak suara kardus hemat 70 persen
Prabowo sentil elit koalisi belum nyumbang, PKS: Kami otomatis bantu
Kubu Prabowo nilai jargon wong cilik Jokowi hanya untuk komoditas politik
KPU harap anggaran pemilu dapat digunakan mulai Januari 2019
Demokrat nilai tuduhan Wiranto terkait oknum perusak salah dan terburu-buru
Farhat Abbas minta PSI dikeluarkan dari Tim Kampanye Nasional
PPP: Yang kaget kotak suara kardus mungkin tak hadir rapat
Fetching news ...