Setelah Sandiaga ‘ceraikan’ Anies, siapa penggantinya?

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Setelah Sandiaga ‘ceraikan’ Anies, siapa penggantinya?

Sejak Sandiaga Uno ‘menceraikan’ Gubernur Anies Baswedan dan lebih ‘memilih’ Prabowo sebagai cawapres pendampingnya, kini posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta masih kosong.

Sesuai aturan, yang punya hak untuk menawarkan pengganti Sandiaga adalah partai Gerindra dan PKS yang merupakan partai pengusung Sandiaga Uno di Pilkada DKI lalu.

“Secara aturan, yang bisa ganti Pak Sandi itu kan dari PKS dan Gerindra, karena dulu yang ngusung dari dua partai itu,” kata Ketum PKS Sohibul Iman, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, kuat dugaan posisi Wakil Gubernur tersebut akan diisi oleh PKS. Pasalnya, PKS yakin Gerindra akan memberikan posisi tersebut lantaran kadernya sudah terlebih dulu naik menjadi cawapres.

Beberapa nama dikabarkan telah diusung untuk menempati posisi tersebut, dan yang dianggap paling berpeluang  yaitu Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. 

Sepak terjang Mardani Ali Sera dalam dunia politik juga cukup tajam. Tak sedikit cibiran yang melekat pada diri Mardani. Dia dianggap sebagai provokator gerakan #2019gantipresiden sehingga berhasil memojokan kubu Jokowi. 

Sebelumnya, Mardani juga dikenal sebagai mantan ketua tim pemenangan Anies-Sandiaga dalam Pilkada Jakarta 2017. Setelah sebelumnya, Dia disebut-sebut sebagai bakal calon wakil gubernur.

Namun, namanya tenggelam menjelang pendaftaran pasangan calon di KPUD DKI Jakarta. Ia ditunjuk sebagai kepala pemenangan Anies-Sandi.

Sebagaimana lawannya Ahok-Djarot dan AHY-Sylviana, tim Mardani membuat konten-konten viral agar Anies-Sandi selalu dalam pusat perbincangan di media sosial.

Tapi, yang lebih penting dari itu: Mardani bersama tim pemenangan Anies-Sandi memanfaatkan dan mengeksploitasi isu agama pada diri petahana Ahok, yang dalam sejumlah hasil survei bakal sulit dikalahkan.

Di samping itu, pencalonan Mardani juga disebut-sebut menguntungkan kedua belah pihak partai PKS maupun Gerindra. 

Dari sekian perjalanan yang dilewati Mardani Ali Sera, bukan tidak mungkin Dia menjadi kandidat terkuat menggantikan Sandiaga Uno untuk membina ‘rumah tangga’ DKI Jakarta bersama Anies Baswedan.

Golkar: kami yang pertama dukung Jokowi
Fahri Hamzah ungkap kepentingan Amerika dalam konflik Israel-Palestina
Warga potong salib makam dan larang keluarga yang wafat berdoa di TPU
IHSG bakal menguat jelang keputusan The Fed
PDIP nantikan klarifikasi Wiranto soal pengrusakan bendera Demokrat
Kurang potennya Ma'ruf Amin dan ramalan Jokowi bakal kalah karena sang wakil
Wartawan tewas naik 14 persen di sepanjang 2018
Negara tak akan punah karena Prabowo kalah
KPU: Kotak suara kardus hemat 70 persen
Prabowo sentil elit koalisi belum nyumbang, PKS: Kami otomatis bantu
Kubu Prabowo nilai jargon wong cilik Jokowi hanya untuk komoditas politik
KPU harap anggaran pemilu dapat digunakan mulai Januari 2019
Demokrat nilai tuduhan Wiranto terkait oknum perusak salah dan terburu-buru
Farhat Abbas minta PSI dikeluarkan dari Tim Kampanye Nasional
PPP: Yang kaget kotak suara kardus mungkin tak hadir rapat
Fetching news ...